KULINER

Admin
0

 

Nama Bidang Keahlian   : kuliner

Program Keahlian             : Kuliner

Konsentrasi Keahlian      : Kuliner

Tujuan

Tujuan program keahlian kuliner secara umum mengacu pada isi undang uandang system Pendidikan nasional (uu spn) pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa Pendidikan kejuruan merupakan Pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama  untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Secara khusustujuan program keahlian kuliner yaitu membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada didunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang kuliner
  2. Memilih karier, berkompetisi, dan menegmbangakan sikap profesioanl dalam bidang teknik mesin

Kompetensi

Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum kompetensi keahlian teknik mesin adalah standar kompetensi kerja nasional indonesia (Skkni) pada bidang kuliner  yaitu :

  1. Pengolahan Masakan Indonesia
  2. Pengolahan masakan Kontinental
  3. Pengolahan produk pastry
  4. Pengolahan produk bakery
  5. Penyajian makanan dan minuman

Prospek Lulusan

Lulusan program keahlian kuliner SMK dapat bekerja di industri restoran, catering, pastry & bakery, dan juga industri perhotelan.

Prestasi Program Keahlian Kuliner

Adapun prestasi yang pernah diraih oleh kompetensi keahlian kuliner yaitu juara 1 dan 2 National Cake Dekoration Competition yang diselenggarakan oleh Politeknik Indonusa Surakata di Surakarta, juara 3 virtual Cooking Competition Platting Chocolate Dessert yang diselenggarakan dalam acara Dinufest 2021. Selain memenangkan perlombanan siswa SMK Negeri 1 Jambu kompetensi keahlian kuliner juga mewakili Kabupaten Semarang dalam ajang perlombaan LKS tingkat provinsi tahun 2021, 2022, 2023.

SDM Program Keaahlian Kuliner

Jumlah Guru            : 1 laki laki & 3 perempuan

Jumlah toolwoman  : 1 perempuan

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !